Tuesday, March 15, 2011

Mengapa kita sering digigit nyamuk?

Telah ditemukan penyebab mengapa nyamuk senang menggigit kita. Menurut para peneliti sebenarnya bahwa nyamuk adalah peminum minuman yang lezat, sudah jelas tentunya. Tapi hanya nyamuk betina saja yang meminum darah karena sebagai penyedia energi dan protein yang dibutuhkan untuk pengembangan telur-telurnya. Selain itu juga menjadi perantara berbagai macam penyakit mematikan seperti demam kuning, demam berdarah dan malaria yang bisa mengakibatkan kematian.

Yang membuat nyamuk tertarik untuk menggigit kita adalah senyawa yang disebut senyawa ketone. "Nyamuk bisa mendeteksi dalan jarak yang luas untuk membedakan zat kimia dan sinyal yang bisa membantu nyamuk mengidentifikasi sesuatu sebagai manusia", ujar Dr James Logan, seorang peneliti dari Rothamsted Research.

Orang dengan kadar ketone tinggi akan lebih jarang digigit nyamuk dibanding yang memiliki ketone rendah. Senyawa ini telah diuji pada kulit manusia untuk melihat seberapa efektif ketone dalam menolak nyamuk. Dan ternyata sangat efektif untuk melawan 3 jenis nyamuk termasuk nyamuk Culex.

No comments:

Post a Comment